Leptotyphlops Carlae si Ular Kawat dari Barbados

Ularnya sepanjang 10 cm



Sumber gambar: Pinterest.com
Keterangan: Leptotyphlops carlae



Hewanpos - Ular merupakan reptil yang tidak memiliki kaki tapi lincah bergerak memburu mangsa. Lebih dari 3200 spesies ular telah dikenal manusia seperti si raksasa Eunectes murinus (anaconda hijau).

Dari ribuan spesies itu, ada satu jenis ular terkecil di dunia. Nama ular terkecil yang sudah ditemukan adalah Leptotyphlops carlae sepanjang 10 cm lebih dengan tebal sekitar 5 mm.

Dimanakah ular terkecil di dunia hidup?

Ular paling kecil yang ditemukan peneliti hidup di pulau Barbados, Karibia, Amerika Tengah. Ular ini ditemukan di balik bebatuan dekat hutan pada 2006 dan diumumkan sebagai ular terkecil melalui jurnal Zootaxa yang terbit pada Senin, 4 Agustus 2008.

Apa yang Dimakan?

Berbeda dengan sanca dan anaconda yang mampu menelan mangsa berukuran besar seperti sapi dan buaya, ular terkecil dari Barbados menjadikan serangga seperti rayap dan larva semut sebagai makanannya. Uniknya, ular ini tidak berbisa sehingga manusia tidak perlu takut.

Mengapa disebut Leptotyphlops carlae?

Ular paling pendek itu diberinama Leptotyphlops carlae oleh penemunya, Stephen Blair Hedges. Nama Leptotyphlops merujuk pada nama keluarga ular tersebut yaitu Leptotyphlopidae dan 'carlae' merujuk pada nama istri si profesor, Carla Ann Hass si herpetolog.

Sumber Referensi:

✍️ Kompas.com. (2008, 4 Agustus). Spesies Ular Terkecil Ditemukan di Barbados. Diakses pada Sabtu, 28 November 2020, dari https://amp.kompas.com/sains/read/2008/08/04/08242875/Spesies.Ular.Terkecil.Ditemukan.di.Barbados

✍️ Detik.com. (2008, 5 Agustus). Ular 'Spaghetti' Terkecil di Dunia. Diakses pada Sabtu, 28 November 2020, dari https://news.detik.com/berita/d-982877/ular-spaghetti-terkecil-di-dunia

✍️ En.wikipedia.org. Barbados Threadsnake. Diakses pada Sabtu, 28 November 2020, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Barbados_threadsnake

Baca juga:

Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama